Pemilik smartphone android yang gemar memodifikasi ponselnya tentu sudah mengenal dan menggunakan custom rom. Untuk orang awam seperti saya sebaiknya sebelum menggunakan custom rom ada baiknya melakukan backup nandroid ( stock rom ) terlebih dahulu. Karena apabila kita menginstal sebuah custom rom terkadang yang ada malah bootloop. Nah inilah fungsi kita untuk melakukan backup nandroid tadi.

Biasanya custom rom yang tergabung dengan custom kernel akan lebih berdampak bootloop  dari pada custom rom yang masih free kernel. Tapi bukan berarti setiap custom rom yang tergabung custom kernel menyebabkan bootloop namun hal ini lebih dominan terjadi dibanding custom rom yang free kernel seperti yang saya jelaskan diatas tadi.

Sekarang saya akan memberikan panduan untuk melakukan backup nandroid pada ponsel samsung galaxy young GT-S5360. Sebelumnya saya sarankan untuk melakukan proses rooting terlebih dahulu agar nantinya kita dapat memperoleh hak akses penuh dari ponsel kita. Untuk panduan root samsung galaxy young GT-S5360 bisa anda cari di google serta cwm recovery samsung galaxy y untuk proses backup nanti.

 Pertama usahakan kapasitas sdcard anda masih memiliki setidaknya 250MB untuk penyimpanan file hasil backup nanti.
Selanjutnya matikan ponsel anda lalu nyalakan kembali dengan menekan dan menahan tombol power + home + volume up secara bersamaan untuk masuk kedalam recovery mode. Untuk tombol navigasi gunakan tombol home sebagai tombol OK / Yes dan volume up / down untuk menggerakkan pilihan pada menu. Sekarang kita pilih apply update from sdcard kemudian pilih file cwm yang sudah anda sediakan sebelumnya. Setelah itu pilih backup & restore. Lalu anda pilih backup maka proses backup akan berjalan, sampai disini nggak perlu perlu pencet apa-apa sampai proses selesai. Jika proses backup telah selesai sekarang kita pilih reboot system now dan tunggu sampai ponsel anda menyala kembali.

Untuk melihat hasil backup an tadi bisa kita lihat di sdcard/clockworkmod/backup/tanggal backup/disini.
File-file tersebut berguna bagi kita untuk melakukan proses restore pada saat kita membutuhkanya. Tapi apabila ponsel anda brick ( tidak bisa masuk recovery mode ) bisa anda kembalikan menggunakan bantuan odin. Untuk cara restore hasil backup an diatas bisa anda baca disini.
Sekian panduan cara melakukan backup nandroid pada samsung galaxy y semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk berkunjung terus ke OBI Blogger untuk mendapat artikel terbaru dari kami.
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

3 komentar:

  1. gan kok ane pas udah "yes - restore...." muncul "Error while flashing boot image" tolong pencerahan nya ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang bermasalah sama backup-an kamu gan.Backup ulang aja gan :)

      Hapus

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top