Pernahkah kalian menggunakan custom rom ? Pernahkah kalian mengalami bootloop ? Apabila iya disini kita akan belajar melakukan flashing firmware samsung galaxy y. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, karena saya sudah sering membaca kiriman orang lain di grup facebook yang pernah melakukan flashing di konter. Tak heran jika konter mematok harga mahal. Biasanya berkisar antara Rp. 50.000 keatas. Rugi kan? Padahal kita bisa melakukanya sendiri bahkan kalau kalian sudah paham caranya pasti nggak sampai 5 menit sudah kelar, dan tanpa di pungut biaya apapun. Caranya sangat sederhana sekali kita hanya butuh peralatan yang mungkin kalian sudah punya di rumah.

Apa saja yang kita butuhkan ?
1. Laptop atau komputer
2. Kabel usb
3. Samsung kies ( kaset kecil itu lho )
4. Firmware
5. Odin

Untuk kalian yang belum punya laptop kalian bisa pinjam milik temen, tetangga atau bisa juga pergi ke warnet.
Untuk firmwarenya silahkan kalian cari di google, saya lihat sudah banyak yang share firmware samsung galaxy y. Usahakan cari firmware lokal biar ada pilihan bahasa indonesianya.
Selain firmware kalian juga masih butuh odin kan ? Untuk odinya silahkan kalian unduh disini.
Sekarang kita ke proses flashingnya. Pertama instal dulu samsung kiesnya di laptop kalian masing-masing. Setelah itu ekstrak firmware yang sudah kalian unduh. Maka akan ada tiga file .tar yang berbeda yaitu PDA, MODEM, dan CSC.
Selanjutnya boot samsung galaxy y kalian kedalam download mode, caranya hampir sama dengan cara masuk recovery mode hanya saja kita menggunakan tombol volume down, Tekan tombol power+home+vol down sampai muncul peringatan, sebelum melakukanya pastikan ponsel dalam keadaan mati. Kemudian pencet tombol volume up di ponsel kalian. Selanjutnya sambungkan ponsel kalian ke laptop menggunakan kabel usb. Lalu ekstrak odin yang tadi anda unduh, lalu buka aplikasi odinya. Pastikan kolom ID:COM sudah terblok warna kuning. Inilah fungsi kita menginstal samsung kies tadi. Jika kolom tersebut belum terblok warna kuning berarti ponsel kalian belum kebaca oleh odin. Untuk mengatasi bagaimana agar ponsel kalian kebaca oleh odin bisa kalian baca tipsnya dulu.
Tips cara agar ponsel kebaca oleh odin.

Setelah kolom ID:COM terblok warna kuning sekarang masukkan file hasil ekstrakan firmware tadi ke tiap kolom sebagai berikut.

Isi kolom PDA menggunakan file yang bernama PDA.
Isi kolom PHONE dengan file yang bernama MODEM.
Terakhir isi kolom CSC dengan file yang bernama CSC.

Pastikan sudah terisi dengan benar. Awas jangan sampai tertukar. Dan biarkan kotak yang lain kosong. Setelah kalian isi sekarang klik START dan tunggu prosesnya berjalan, kira-kira 2 sampai 3 menit. Jika proses sudah selesai akan ada tulisan PASS berwarna hijau di kotak pojok kiri atas. Kemudian tunggu sampai ponsel anda menyala, setelah itu kalian boleh menutup odin dan mencabut kabel usb.

Bagaimana? Mudah bukan? Sebelum anda mencobanya ada baiknya untuk memahami setiap langkahnya agar pada saat mencoba tidak ada hambatan. Cara diatas sangat diperlukan jika ponsel kita bootloop parah sampai tidak bisa masuk recovery mode, inilah cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga cara diatas bermanaat bagi kita semua. Mungkin ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tulis pertanyaan anda di kotak komentar atau di twitter saya. Insyallah akan saya jawab secepatnya dan sebisa saya. Jangan lupa like fanspage dan follow twitter kami untuk mendapatkan postingan selanjutnya. Sampai jumpa.
Baca Juga: Cara mengembalikan samsung galaxy y seperti semula tanpa bantuan PC.
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

2 komentar:

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top