Cara mengatasi tertelan duri ikan - Pernahkah anda tidak sengaja menelan duri ikan ?? Walaupun ukuranya kecil tapi duri ikan mampu membuat tenggorokan kita kesakitan. Bulan lalu saya makan ikan keting (bahasa jawa) saat itu saya makan sambil nonton tv sehingga saya tidak begitu memperhatikan duri ikan yang ikut tercampur dengan suapan nasi yang akan saya makan. Alhasil saya tertelan duri ikan tersebut tepatnya pada hari rabu malam. Pertama kena saya coba untuk meminum air putih yang banyak agar duri ikan tersebut dapat lepas dari tenggorokan saya. Namun usaha saya sia-sia. Akhirnya saya coba googling dan bertanya kepada teman-teman saya. Mereka menyarankan saya agar membuat bulatan nasi yang kemudian langsung ditelan tanpa di kunyah. Keesokan harinya saya membeli gado-gado di kantin sekolah, saya pikir dengan lontong gado-gado akan lebih mudah untuk mendorong duri ikan yang menyangkut di tenggorokan saya. Tapi usaha itu masih belum ada hasilnya. Kira-kira hampir dua minggu duri ikan itu masih berada di tenggorokan saya. Untuk itu sekarang saya akan berbagi tips untuk mengatasi tertelan duri ikan kepada kalian semua.

Cara pertama yakni sama seperti yang saya jelaskan diatas yaitu membuat bulatan nasi yang kemudian langsung ditelan tanpa dikunyah. Apabila ukuran duri kecil kemungkinan cara ini akan berhasil.

Cara kedua, yaitu mengolesi bagian tubuh tertentu menggunakan minyak tertentu. Di desa saya lahir, apabila ada anggota keluarga saya yang tertelan duri ikan, pada bagian leher di olesi menggunakan minyak kadal pang. Saya sendiri belum tahu bahan dasar yang dijadikan minyak tersebut. Tapi dari namanya mungkin minyak ini ada kaitanya dengan kadal.

Sedangkan hasil sebuah artikel yang saya baca di internet ada yang menyarankan untuk mengolesi bagian tulang ekor menggunakan minyak kelapa. Setelah selesai diolesi silahkan kalian buat tidur. Insyallah pada saat bangun duri ikan sudah hilang.

Cara yang terakhir yakni masih berkaitan dengan tradisi di sekitar daerah saya tinggal. Cara ini kita disuruh untuk mendiamkan balung arak (entah saya tidak tau apa sebenarnya benda ini, tapi yang pasti bentuknya seperti batu karang yang berukuran dominan kecil. Dan kata arak jangan diartikan sebagai minuman arak yang dapat memabukkan, ini hanya persamaan nama saja) di dalam gelas yang berisi air minum yang kemudian air ini nantinya akan kita minum. Cara ini kemarin juga saya gunakan agar duri yang bersandar pada tenggorokan saya segera hilang. Dan alhamdulillah setelah 2 hari meminum air hasil rendaman balung arak ini duri yang menyangkut di tenggorokan hilang dengan sendirinya. Tapi saya tidak tahu pasti entah ini efek dari cara kedua atau cara ketiga, karena saya juga melakukan cara tersebut secara bersamaan. Dan saya juga bersyukur kepada Allah SWT yang telah menyembuhkan rasa sakit ini.

Demikian tips mengatasi tertelan duri ikan. Semoga masalah anda bisa terselesaikan. Mungkin anda ingin berbagi artikel ini kepada orang lain silahkan share artikel / blog ini di jejaring sosial seperti facebook, twitter dll. Dan kalau tidak keberatan silahkan follow twitter saya dengan cara klik ikuti pada bagian samping blog. Semoga lekas sembuh.
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

2 komentar:

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top