Cara mudah decompile dan recompile tanpa menggunakan pc - Pada awalnya kita sering melakukan proses decompile dan recompile menggunakan laptop/komputer. Saya sendiri lebih mudah melakukan decompile menggunakan apk manager yang tentunya membutuhkan bantuan laptop. Sekarang kita bisa melakukan proses decompile dan recompile tanpa menggunakan pc/laptop. Kita bisa melakukanya langsung melalui ponsel kita. Sebelumnya pasti kalian sudah pernah dengar kata apktool. Yaps, Apktool sering kita gunakan untuk proses decompile pada saat menggunakan pc. Dan sekarang juga sudah ada apktool versi hand held (ponsel). Panduan ini mungkin sangat berguna bagi temen-temen yang tidak punya lepy atau kompi dirumah, kita masih bisa memanfaatkan tool ini untuk mengedit file apk langsung menggunakan ponsel kita.

Sebelum kita mulai bagaimana cara melakukan decompile dan recompile apk melalui hand held, syarat utama yang harus dilakukan adalah ponsel android yang sudah di root. Karena tool ini membutuhkan ijin akses superuser.  Mari kita mulai langkah-langkahnya.
Untuk samsung galaxy young GT-S5360 silahkan baca panduan cara cepat root galaxy y.


Silahkan download terlebih dahulu peralatan yang akan kita gunakan. Download
Siapkan juga aplikasi root explorer atau sejenisnya untuk mengambil atau menaruh file system. Bila tidak punya silahkan unduh di playstore atau black market.

Berikut caranya, silahkan simak baik-baik.

1. Pertama ekstrak file unduhan diatas, kemudian taruh folder apktool kedalam sdcard, lalu instal aplikasi apktool dan 920 Text.
2. Sekarang ambil dan taruh framework-res.apk dan twframework-res.apk yang ada didalam folder system/framework kedalam folder apktool. Ambil menggunakan aplikasi root explorer
3. Buka aplikasi apktool, klik allow atau grant saat ada permintaan superuser. Lalu masuk kedalam folder sdcard/apktool
4. Tap pada framework-res.apk kemudian pilih import as framework dan tunggu prosesnya. Ulangi langkah ini pada twframework-res.apk yang berada didalam folder yang sama.

5. Sekarang masukkan aplikasi yang ingin kalian edit kedalam folder apktool. Sebagai contoh saya mengedit SystemUI.apk karena systemUI sangat sering menjadi objek sasaran para opreker.
6. Tap SystemUI.apk kemudian pilih decompile all dan tunggu proses decompiling berjalan hingga selesai.


7. Jika sudah selesai maka akan ada folder baru yang bernama SystemUI_src
8. Tap folder SystemUI_src kemudian pilih browse.

9. Sampai disini silahkan kalian edit sesuka kalian. Misal saya mengedit status_bar.xml yang berada di dalam folder res/layout caranya tinggal tap status_bar.xml kemudian pilih buka menggunakan 920 Text yang sudah kalian instal tadi, jika editing sudah selesai tinggal save xml hasil editan tadi.
10. Jika sudah puas mengedit sekarang saatnya kita melakukan proses recompile. Silahkan kembali ke folder utama yakni apktool. Tap folder SystemUI_src dan pilih recompile maka proses recompile akan berjalan.
11. Setelah proses selesai akan ada file baru yaitu hasil recompile tadi yang bernama SystemUI_src.apk

12. Berikutnya Tap SystemUI_src.apk kemudian pilih sign
13. Setelah proses berjalan akan ada lagi file baru bernama SystemUI_src_sign.apk
14. Rename SystemUI_src_sign.apk seperti nama aslinya yakni SystemUI.apk
15. Sekarang silahkan tes di ponsel kalian. Push menggunakan root explorer atau flashable zip.

Mudah bukan? Semoga kalian tidak bingung dengan apa yang saya tulis diatas. Barangkali ada yang kurang jelas silahkan kalian tulis pertanyaan kalian di kotak komentar.

Tambahan:
Ada beberapa tutorial yang mungkin dapat kalian coba. Silahkan baca pada bagian Tutorial Android.
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

0 komentar:

Poskan Komentar

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top