Pernahkah kalian menggunakan template gratisan? Apakah kita sudah menghargai karya si pembuat template?
Banyak website yang menyediakan template blog secara gratis. Bahkan kita juga sering mengunduh beberapa template gratis yang cantik. Tapi tak sedikit diantara kita yang kurang menghargai karya karya tersebut. Salah satunya adalah menghapus link credit.

Pada setiap template terdapat link credit di bagian bawah blog. Apalagi kalian menggunakan template gratisan lalu menghapus link creditnya. Sama saja kita tidak menghargai karya si pembuat template. Bahkan saya dulu juga sering menghapus link credit pada template gratisan yang saya pakai. Tapi alhamdulilah sekarang saya sadar. Bayangkan saja untuk edit html saja cukup rumit bagaimana dengan membuatnya. Sekalipun kita sudah banyak melakukan perubahan pada template tersebut tetap saja pada dasarnya kita menggunakan karya orang lain. Selain itu walaupun template tersebut tidak cocok dengan apa yang kalian inginkan tetap saja kita harus menghargainya.

Sekarang kita bayangkan apakah kita mampu membuat template blog sendiri dengan sempurna? Sejauh mana kita memahami kode-kode html dalam template yang akan kita buat. Sebagai blogger awam saya hanya mengandalkan template karya karya master blogger yang dapat diunduh secara gratisan. Saya sendiri masih kualahan mengatasi masalah blog ini di web master tool yang sedang ada kesalahan. Saya juga sangat membutuhkan rekan blogger yang berpengalaman. Salah satunya adalah mas dinand. Saya banyak sekali belajar mengenai blogger dari mas dinand. Bahkan saya tahu blog saya mengalami masalah di web master tool juga di beritahu mas dinand. Dengan begitu saya merasa terbantu sehingga saya lebih bersemangat lagi untuk ngeblog.

Jadi kesimpulanya, mari kita hargai karya orang lain. Jangan sampai mengaku template buatan orang lain adalah karya anda. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Silahkan like fanspage dan follow twitter kami untuk mendapat postingan selanjutnya.
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

6 komentar:

  1. Alhamdulilah kalau saya dari awal menggunakan template org lain tdk pernah menghapus link creditnya.. Artikel yg bermanfaat mas :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu awal ngeblog saya pernah mas hihihi :D
      Tapi alhamdulillah sekarang nggak :)
      Itung-itung hargain yang bikin (o)

      Hapus
  2. wah bagus mas artikel nya. sangat inspiratif. Thanks ata share nya ya :)

    BalasHapus
  3. info yang bermanfaat nih sob (h) tanks udah share :)

    mbah-siyam.blogspot.com

    BalasHapus

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top