SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Maksudnya apa? Teknik SEO dilakukan untuk mendapat posisi yang baik di search engine. Jika posisi kita bagus, otomatis yang kita dapat adalah pengunjung yang berlimpah sehingga traffic kita akan semakin tinggi. Dan jika anda sedang menekuni bisnis toko online saya sarankan anda untuk mempelajari teknik SEO. Karena dengan menerapkan SEO maka posisi web/blog anda akan semakin bagus, dan barang yang anda dagangkan akan lebih cepat terjual. Kenapa bisa begitu? Misalkan ada seseorang yang hendak membeli smartphone secara online maka orang tersebut akan mencari barang yang ia cari lewat mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan sebagainya. Dan jika anda telah menguasai SEO, maka web anda akan tampil di halaman utama. Itulah pentingnya SEO.
SEO black hat dan white hat
Image by: http://semrush.com/
Selain itu ada lagi yang perlu kita ketahui tentang SEO yaitu mengenai teknik white hat SEO dan Black Hat SEO. Berikut pejelasanya.

Perbedaan
SEO Black Hat.
Teknik ini adalah teknik curang alias tidak dianjurkan untuk digunakan. Karena pada teknik ini kita akan mengakali/memanipulasi mesin pencari. Sehingga blog kita akan tampil di bagus di search engine. Sama hal nya jika kita melakukan cara ini berarti kita juga melanggar aturan search engine. Kenapa demikian?

1. Penumpukan kata kunci.
Kata kunci (keyword) yang menumpuk pada suatu artikel akan berpengaruh pada posisi di search engine. Cara ini masuk kedalam teknik SEO Black Hat karena search engine seperti Google tidak suka dengan kepadatan kata kunci. Sebaiknya dalam suatu artikel tertanam kurang lebih 3 kata kunci yang tepat.

2. Menyembunyikan kata kunci.
Dalam teknik ini juga dikenal dengan cara menyembunyikan kata kunci. Bagaimana caranya? Anda hanya perlu menyamakan antara warna font dengan warna background blog anda. Sehingga akan terlihat jika kita blok pada kata tersebut.

3. Bom backlink.
Mencari ribuan backlink sekaligus juga termasuk dalam teknik ini. Backlink seharusnya dilakukan sewajarnya agar tidak mendatangkan pinalty google ke blog anda karena dianggap sebagai spamming. Selain itu anda juga harus bisa mendapatkan backlink yang berkualitas dan bisa anda cari pada blog dofollow yang memiliki pagerank tinggi.

SEO White Hat.
Setelah anda membaca penjelasan diatas, anda pasti menjawab bahwa teknik white hat adalah kebalikan teknik diatas. Dan jawaban anda benar. Teknik White Hat adalah teknik yang sesuai dengan aturan TOS search engine.

1. Menulis artikel berkualitas.
Artikel yang berkuitas memang sangat sulit untuk dibuat. Dalam menuliskan artikel yang berkualitas butuh pemikiran yang baik. Saat ini saya juga masih berlatih menulis sebuah artikel yang berkualitas, baik dan benar. Artikel yang berkualitas tentu bukan artikel hasil copy paste. Percuma saja artikel berkualitas tapi hasil copy paste dan perlu diingat bahwa google tidak suka itu.

2.Menanam kata kunci yang benar.
Kadang kala saya juga masih bingung dengan masalah penempatan kata kunci (keyword) yang tepat. Dalam artikel yang membahas tentang ciri artikel standar SEO Friendly bahwa postingan yang baik adalah hanya menanamkan tiga kata kunci saja. Jadi tidak berlebihan seperti teknik topi hitam tadi.

3. Backlink alami.
Yang dimaksud alami adalah bukan dari hasil alam. Melainkan usaha mencari backlink secara bertahap agar posisi blog kita akan semakin baik di search engine.

Kelebihan dan kekurangan
Setelah membaca penjelasan tiap masing-masing teknik diatas, saya rasa anda juga perlu mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya agar lebih faham mengenai teknik ini.
Kelebihan teknik black hat adalah peluang menempati posisi baik di search engine lebih cepat dari pada teknik white hat. Namun kekurangan teknik ini adalah umur blog yang singkat karena mudah terkena penalty google. Sedangkan kelebihan teknik white hat adalah teknik yang digunakan aman dan menaati aturan search engine. Kelemahan teknik ini adalah proses yang cukup lama jika dibanding dengan teknik topi hitam. Oleh karena itu dibutuhkan waktu, tenaga dan strategi untuk menerapkannya.

Kesimpulan
Setelah anda tahu bahwa antara kedua teknik ini mempunyai sisi positif dan negatif sekarang anda lebih mudah menentukan mana yang ingin anda coba. Katakanlah ini sama seperti ilmu hitam dan putih yang mana ada yang sesat dan ada  benar. Dan itu semua juga tergantung pada anda sendiri mau coba yang mana. Bila masih sayang dengan blog anda, maka gunakanlah teknik topi putih agar blog anda panjang umur.
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

32 komentar:

  1. saya plih SEO white hat sob..karena gak curang..heh

    BalasHapus
  2. Ternyata SEO punya topi ya, warnanya hitam dan putih haha :D

    BalasHapus
  3. ngikut yang putih saja
    tapi gak ngerti saya
    hehe

    BalasHapus
  4. Oh begitu ternyata perbedaanya hehehe
    http://vipergoy.blogspot.com/2014/01/download-smadav-96-terbaru-2014.html

    BalasHapus
  5. waduh padahal saya suka pakai topi hitam kalau mau ke sawah mas... kalau pakai yang putih nanti cepat kotor heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. yang penting blognya pake topi putih (o)

      Hapus
    2. saya juga suka yg hitam-hitam

      Hapus
  6. saya milih yang white aja sob karena putih itu bisanya enak di pandang mata
    :>)

    BalasHapus
  7. kalau saya pilih yang alami saja sob...

    BalasHapus
  8. seo debian ada nggak sob, hehe

    BalasHapus
  9. kayaknya harus banyak belajar disini deh.. :)

    BalasHapus
  10. Sebenarnya saya gak terlalu paham teknik SEO, jadi trik-trik yang black hat hanya sebagian yang saya pahami ... :)
    kalau disuruh milih cenderung yang white hat, karena gak terlalu ribet ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, mas. tekhnik white aja deh.. pelan-pelan asal selamet

      Hapus
  11. dulu aku pernah pake red hat
    sekarang aja pindah ke ubuntu
    *sambit panci

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo aku sukanya yg pakai nama cewek, kang.. kayak julia ama maya..

      Hapus
  12. bagus pencerahan mengenai SEO white hat dan black hat dalam artikel ini.. lebih baik menggunakan teknik SEO white hat ya.. lebih terjamin untuk jangka masa panjang..

    BalasHapus
  13. Dimana-mana yang black kalah ama yang white.. ibarat kejahatan kalah ama kebaikan.. jadi kalo mau menang ya pilih yang seo white hat.. :d

    BalasHapus
  14. makasih atas penjelasannya.. sekarang saya jadi mengerti perbedaannya

    BalasHapus
  15. sangat mencerahkan mas tentang pengertian seo ini :)
    bisa dipertimbangkan ya kalau mau pakai black hat seo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Kalau saya white hat aja

      Hapus
    2. masa white aja? yang bener?

      Hapus
  16. Kunjungan malam mas..ditunggu artikel berikutnya

    BalasHapus

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top