Perbedaan visitor dan pageview - Sobat blogger pasti sudah tahu apa itu visitor dan pageview. Keduanya memang sudah melekat dalam kegiatan blogging. Tapi apakah kalian juga sudah tahu titik perbedaan diantara kedua kata ini? Ingat lho, jangan kira antara visitor dengan pageview memiliki arti yang sama. Saya rasa banyak blogger yang menganggap antara visitor dan pageview itu sama. Memang keduanya sama-sama berkaitan dengan trafik blog kita, tapi ada perbedaan yang harus kalian ketahui. Sebagai seorang blogger kita juga berlomba-lomba mendapatkan trafik yang tinggi. Salah satunya adalah mencari pengunjung sebanyak-banyaknya. Logikanya begini, kalau blog kedatangan banyak visitor, otomatis blog tersebut juga akan mendapat trafik yang banyak. Biar nggak semakin penasaran mari kita bahas bersama mengenai visitor dengan pageview.
Perbedaan Visitor dan Pageview
Kata visitor jika kita translate kedalam bahasa Indonesia berarti "Pengunjung". Jadi dalam blogger visitor berarti orang/pengunjung yang mengunjungi blog kita.
Sedangkan pageview adalah penyangan setiap laman yang ada di blog kita. Kalau total pageview berarti jumlah keseluruhan penayangan pada blog kita.
Dari sini sudah sedikit terlihat titik perbedaanya kan?

Sekarang kita bahas lebih dalam lagi agar lebih jelas. Misalkan OBI Blogger memiliki 200 visitor. Setiap visitor tersebut hanya membuka 1 laman saja atau 1 artikel saja berarti penayanganya adalah 200 penayangan.
Misalkan lagi OBI Blogger memiliki visitor 100 namun setiap visitor membuka 3 laman atau 3 artikel maka jumlah penayanganya adalah 300 penayangan. Giman anak-anak sudah faham? hehehe.

Dari contoh diatas setidaknya kita sudah mulai bisa membedakan antara visitor dengan pageview.
Terus pilih mana dong visitor yang banyak atau pageview yang banyak? Kalau saya pribadi sih jelas milih yang visitor banyak dan pageview yang banyak hehe. Oleh karena itu jika kita menginginkan keduanya kita harus atur strategi sejak awal. Walaupun sebenarnya mencari visitor sedikit sulit sih. Salah satu tips untuk memancing pengunjung membuka lebih dari satu laman adalah dengan menautkan link pada suatu postingan. Link apa yang harus kita tautkan? Link yang harus kita tautkan adalah link artikel yang tema nya masih berhubungan dengan postingan lainya. Misal, pada postingan tips agar blog ramai pengunjung maka kita akan tautkan link posting mempromosikan blog super murah. Ini juga bisa digunakan sebagai upaya mengurangi rasio bounce rate. Jadi kita harus pandai membuat pengunjung tertarik untuk membaca artikel lainya. Selain itu kita juga harus mempermudah navigasi blog kita agar pengunjung bisa leluasa merayapi blog kita.
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

47 komentar:

  1. alhamdulillah paham pak hhehehehe (h) :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi-pagi udah tay nih :)
      Monggo (c)

      Hapus
  2. Gagal pertamax deh mas Robih ;((
    Terima kasih sudah diperjelas lagi perbedaannya mas Robih, jadi g semu lagi deh antara Visitor dan Pageview.

    BalasHapus
  3. Ok terimakasih pak guru saya mkin lebih tahu..hehe

    BalasHapus
  4. Keren infonya, saya jadi tahu perbedaannya, antara pageview dan visitor, kali rasio bounce rate apa ya? hehe.. (maklum masih blogger pemula)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya pengunjung yang cuma buka 1 laman saja :)
      makasih mas aldi sudah berkunjung :>)

      Hapus
  5. jadi tahu nih saya
    nice info bos

    BalasHapus
  6. Sudah paham saya pak ... sambil mantuk-mantuk ... :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. manthuk-manthuk itu tanda ngantuk ya, mas? ayo sini minum kopi bareng saya dan mas Robih (c)

      Hapus
    2. @Mohammad Isnaeni : hehe iya pak :D
      @Budy Sinichi : Monggo mas budi (c)

      Hapus
    3. Asyiknya minum kopi sambil makan pisang goreng mas Budi .. :d

      Hapus
  7. sekarang saya jadi paham pak.....

    BalasHapus
  8. mantap ilmu nya sob...sangat membantu

    BalasHapus
  9. bagus artikel ini, meningkatkan pemahaman mengenai perbezaan antara visitor dan pageview.. jika untuk iklan di blog saya (nuffnang) mereka mengambilkira visitor..

    BalasHapus
  10. saya sebisa mungkin meghindari mengetahui jumlah visitor saya, mas. soalnya blog saya sepi pengunjung.. daripada nanti saya ngenes nelangsa.... ;((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sama mas. Memang susah mendapat visitor yang banyak :)

      Hapus
  11. saya nyangka malah sama..
    Kunjungan sore :)

    BalasHapus
  12. biasanya pageview lebih besar daripada visitor ya mas. Artikel yang luar biasa mas. Sangat mencerahkan buat saya yang masih pemula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rata-rata seperti itu. Pageview relatif lebih besar dari pada visitor. Kalo mbak rin ngakunya pemula berarti saya pemula kuadrat dong :)

      Hapus
  13. visitor sma PV blog ane agak ga seimbang gan.. lebih banyak PV :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog saya juga banyakan PV haha :-)
      -salam

      Hapus
    2. iya memang pageview dominan lebih banyak dari pada visitor.

      Hapus
  14. O begitu rupanya, okey dech thanks infonya, maklum masih newbie...

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. Kok roboh mbak hehehe... Oke makasih mbak sudah berkunjung :)

      Hapus
  16. wah makasih pak guru saya sekarang lebih paham lagi mengenai visitor dan pageviewnya hehe...

    BalasHapus
  17. Yg masih g paham, suruh berdiri di lapangan saja, Pak...

    BalasHapus
  18. Jadi kalau pageviews sebaiknya lebih banyak dari visitor ya gan..tandanya visitor senang berlama-lama di blog

    BalasHapus

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top