Postingan ini terinspirasi dari blog rasablogger.com yang memuat artikel review sebuah blog. Walaupun saya belum profesional dalam dunia blogger, namun saya akan mencoba belajar me-review suatu blog dengan tujuan "Untuk belajar menulis dengan baik, serta belajar mendeskripsikan/merincikan suatu blog." Selain itu saya juga sangat ingin terampil dalam mengolah kata seperti blog yang telah menjadi inspirasi postingan ini.

Dalam sebuah review yang akan saya tulis meliputi beberapa poin berikut:
1. Topik blog.
2. Artikel.
3. Gaya bahasa dan penulisan.
4. Frekuensi update.
5. Tampilan dan susunan widget blog.
6. Kelebihan dan kekurangan blog.
7. Kesimpulan.


Jadi saya akan belajar me-review suatu blog dengan menerapkan ketujuh poin diatas. Dan blog yang akan menjadi obyek review pertama saya adalah dj-site.blogspot.com milik mas ferdinand. Berikut hasil review saya pada dj-site.blogspot.com.

Topik
Blog dj-site.blogspot.com lebih mengarah ke segala topik. Pasalnya dari hasil yang saya amati, blog milik mas ferdinand ini membahas berbagai topik seperti gadget android, Blogging tips, dan beberapa konten pribadi miliknya.

Artikel
Dari pengamatan yang saya lakukan di dj-site.blogspot.com, kualitas artikel dan ke-orsinilan konten benar-benar terjaga dengan baik. Hal ini dibuktikan dalam artikel-artikel yang memuat tentang android yang menyajikan panduan dengan gayanya sendiri, begitu juga dengan artikel blogger tips, maupun tulisan pribadinya. Dalam penulisanya terkesan unik dan berbeda dengan blog yang lain walaupun memiliki maksud dan tujuan yang sama. Setiap artikel yang di publish selalu dilengkapi dengan gambar agar mempermudah pembaca untuk memahami artikel yang dibaca. Hampir semua artikel yang termuat dalam blog ini juga terkesan panjang, sehingga sangat jarang dijumpai artikel yang singkat.

Gaya bahasa dan penulisan
Seperti yang saya tulis dalam poin nomer 2 diatas, blog ini menyajikan artikel yang terkesan unik. Dalam penulisan sebuah artikel, blog ini sering memadukan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa sehingga si penulis bisa meng-ekspresikan gaya bahasanya sendiri. Selain itu isi dalam artikel-artikelnya tidak mengajak pembacanya terlalu serius karena diselingi dengan kata-kata humor. Dalam penulisan kata selingan yang bersifat guyonan, mas ferdinand memberikan tanda bintang dan warna yang berbeda dengan warna teks pokok dalam artikel. Sehingga memungkinkan pembaca akan lebih mudah meresapi pokok materi yang terkandung dalam sebuah artikel.

Frekuensi update
Untuk frekuensi update, setiap bulanya mas ferdinand selalu memposting beberapa artikel terbarunya. Frekuensi update harian dj-site ini belum bisa saya target dengan pasti karena memang jarak senggang waktu antar posting yang lalu dengan yang baru sangat beragam. Tapi pada bulan Desember lalu saya lihat jadwal postingan yang teratur.

Tampilan dan susunan widget
Tampilan dj-site.blogspot.com terbilang sangat sederhana. Background dj-site.blogspot.com berwarna hitam kelam dan di ikuti dengan teks postingan yang berwarna putih ke abu-abuan. Tampilanya bisa dikatakan lebih mengarah ke tampilan blog lama. Dj site tidak menggunakan auto read more pada setiap artikelnya, sehingga akan menampilkan seluruh teks pada halaman utama. Sedangkan tampilan widget sangat beragam mulai dari widget search, translate, followers, link firends, pageviews, sponsored by, labels dan beberapa widget lainya. Di bagian bawah header juga terpasang beberapa slot iklan. Dj-site menggunakan kotak komentar dengan jendela munculan serta menggunakan moderasi pada setiap komentar yang masuk.

Kelebihan dan kekurangan
1. Kelebihan.
Ke-orsinilan konten dj-site.blogspot.com benar-benar terjaga dengan baik. Ini juga ditunjukkan oleh si pemilik blog yang menuliskan artikel dengan bahasa dan caranya sendiri sehingga artikel semakin menarik dan unik. Sedangkan dari segi penampilan, dj-site tidak memasang widget yang tidak dibutuhkan sehingga kecepatan blog tidak berat saat dimuat.

2. Kekurangan.
Dj-site ini tidak menggunakan read more pada artikel-artikelnya sehingga akan menampilkan keseluruhan teks pada halaman utama. Menurut saya, ini akan menyulitkan pengunjung untuk berselancar dan melihat postingan sebelumnya. Karena perlu mengklik postingan lama secara berulang-ulang. Sedangkan menurut saya sendiri, saya kurang suka dengan komentar model jendela munculan.

Kesimpulan.
Dari hasil review diatas dapat kita simpulkan bahwa dj-site.blogspot.com adalah sebuah blog yang mengangkat topik mengenai berbagai hal seperti android, blogger tips, hingga tulisan dari pengalaman pribadinya. Untuk bagian artikel tidak diragukan lagi bahwa dj site kaya akan ke-orsinilan konten seperti yang saya katakan diatas tadi, walaupun konten yang di bahas ada kesamaan dengan blog lain tapi gaya bahasa dan penulisanya yang berbeda. Selain itu dj site juga mencantumkan sumber referensi yang penulis dapatkan sehingga akan lebih mudah meyakinkan si pembaca. Seperti yang saya katakan pada poin kelima, bahwa dj site lebih mengarah ke tampilan blog lama. Sedangkan dari kekurangan yang saya tulis diatas mungkin bisa tertutupi oleh beragam kelebihan yang dimiliki dj site ini.

Apa yang telah anda baca diatas tadi merupakan hasil review saya pada blog dj-site.blogspot.com. Ini adalah review untuk pertama kali bagi saya. Sehingga mohon maaf bila ada kekurangan dalam melakukan review diatas. Dalam melakukan sebuah review dibutuhkan waktu yang cukup untuk memperoleh data. Bagi temen-temen yang ingin blognya di review silahkan hubungi saya. Blog yang di review tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Tapi saya mohon kepada temen-temen untuk sabar menunggu hasil review blognya di publikasikan.
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

2 komentar:

  1. Makasih dulu deh sebelumnya karna dah di review hehe... untuk read more emang sengaja nggak tak pake, soalnya kadang google ikut ngindeks postingan terbaru dr url home, lagian udah ada recent post dibawah postingan, kayae dah cukup klo ada yg mampir mau liat postingan dalam kategori yg sama hhe...

    Kalo komentar pop up, sebenernya untuk ngilangin fitur reply otomatis dr blogger, soale aku nggak suka, pengen nuansa jadul haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya sih setiap orang berbeda-beda. Tapi kalo ditahun ini pake nuansa jadul udah langka, haha

      Hapus

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top