Apa itu Bounce Rate dan Cara Mengatasinya
OBI Blogger - Sebagian orang mungkin belum mengenal apa itu bounce rate. Istilah ini mungkin sudah pernah Anda dengar jika Anda sangat memperhatikan kualitas blog Anda. Bounce Rate adalah perilaku pengunjung (visitor) yang hanya membuka satu laman saja kemudian dia langsung meninggalkan web/blog Anda.Berbicara soal bounce rate, masih sangat dekat kaitanya dengan masalah pengunjung. Karena merekalah yang menentukan seberapa tinggi tingkat pentalan pengunjung pada situs Anda. Setidaknya Anda sudah bisa membedakan apa itu visitor dan apa itu pageview. Agar lebih jelas bisa anda baca penjelasanya pada postingan perbedaan visitor dengan pageview.

Setelah Anda faham tentang pengertian bounce rate. Ada baiknya anda juga mengetahui rumus untuk menghitung seberapa besar rasio pentalan pengunjung pada blog kita.

Rumus Menghitung Rasio Bounce Rate.
Seperti ilmu matematika dan fisika. Dalam penghitungan angka bounce rate ini juga dibutuhkan rumus. Seperti apa rumus-nya silahkan anda lihat dibawah ini.
Misal, OBI Blogger dikunjungi oleh 1000 orang, Dengan rincian 250 orang hanya membuka satu halaman lalu langsung pergi. Maka bounce rate OBI Blogger adalah 250 : 1000 x 100 % = 25 %
Atau jika anda tidak ingin repot-repot menghitung secara manual, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa situs sebagai berikut, sekaligus tampilan angka rasio pentalan blog ini.
Perhitungan Menurut Google Analytics
Apa itu Bounce Rate dan Cara Mengatasinya

Perhitungan menurut alexa
Apa itu Bounce Rate dan Cara Mengatasinya

Perhitungan menurut histats
Apa itu Bounce Rate dan Cara Mengatasinya
Dari ketiga situs diatas mungkin perhitunganya berbeda-beda. Namun menurut saya yang paling akurat adalah Google Analytics. Karena Google Analytics menampilkan secara detail bagaimana perilaku dan alur pengunjung. Google Analytics juga sering digunakan sebagai tolok ukur para master blogger.

Seperti apa blog yang memiliki rasio pentalan yang bagus?

Sama halnya dengan merampingkan Alexa Rank. Pada penghitungan masalah ini, Anda juga harus berlomba-lomba bagaimana cara mendapatkan angka yang kecil. Jadi intinya pada penilaian yang bagus adalah Semakin kecil angka bounce rate suatu blog, maka blog tersebut semakin bagus.

Tips upaya menurunkan angka bounce rate.
Anda tidak perlu khawatir akan angka rasio pentalan yang cukup tinggi. Ada beberapa tips untuk mengatasi masalah ini.

1. Menyematkan link internal pada setiap postingan yang relevan.
Pada setiap artikel yang anda tulis, jangan lupa untuk memasukkan dua atau tiga link menuju artikel lainya yang masih berhubungan dengan artikel yang sedang anda tulis. Karena dengan begitu maka pengunjung juga tertarik untuk membaca postingan itu.

2. Fokus terhadap niche blog.
Poin nomer dua ini mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Namun setelah saya usut niche ternyata juga berperan terhadap nilai pentalan ini. Blog yang fokus pada satu topik cenderung akan memiliki pengunjung yang mencari informasi yang serupa. Misalkan blog anda seputar game. Maka pengunjung anda juga akan tertarik untuk melihat game lain yang ada di blog anda.

3. Buat artikel yang menarik perhatian.
Cobalah untuk membuat artikel yang menarik. Modal awalnya adalah dengan membuat judul yang menarik dan membuat penasaran. Karena yang pertama kali yang dibaca oleh pengunjung adalah judul. Dan bagaimana pun juga orang akan penasaran jika melihat judul yang menarik perhatian.

4. Berdoa dan berusaha.
Setelah anda membaca tips nomer 1, 2 dan 3 anda juga harus bisa menerapkanya sedikit demi sedikit. Bukanya saya sok menggurui, tetapi saya hanya ingin berbagi tips apa yang saya lakukan. Dan yang paling utama adalah senantiasa berdo'a kepada Allah SWT agar blog kita semakin terkenal dan berkualitas.

Manfaat tips diatas.
Setelah anda membaca tips diatas, maka yang pertama kali muncul dalam pikiran Anda adalah berusaha untuk mencobanya. Tetapi setelah dipikir ulang ternyata ketiga tips diatas memiliki manfaat yang bagus untuk trafik blog kita. Logikanya begini, Jika angka bounce rate semakin rendah maka sudah jelas pageview akan meningkat.

Mungkin itu saja yang perlu saya tulis diatas. Jika memang ada kesalahan tulisan maupun yang lain bisa anda koreksi pada kotak komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

33 komentar:

  1. wew.. nice post gan.. bisa dicoba gan.. heheh

    blogwalking http://meistersdroid.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Kadang saya bingung kalau ngecek bounce rate di beberapa situs karena selalu berbeda, ternyata yang lebih valid yang google analytic ya mas .. :)
    kalau untuk tips-nya barangkali nomor 4 itu cara yang paling ampuh ya mas ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups. Tips nomer 4 sangat penting mas. Karena tanpa usaha dan do'a itu semua juga sulit untuk berjalan :)

      Hapus
  3. wow... kecil amat bounce rate punya agan.. di bawah 20%... hebat gan.. :)

    BalasHapus
  4. Bounce rate saya gede sob. mungkin pada bosan sama blog saya yak [-(. jadi gak pada betah ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubuhi link menuju ke posting lainya mas. Kalau bisa judulnya yang menarik, setidaknya orang jadi penasaran

      Hapus
    2. Isi Blog saya kurang menarik mas, Kebanyakan Artikel kuliah ;((
      cuma di bulan-bulan tertentu artikelnya banyak yang cari :-)

      Hapus
  5. barangkali, membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita mungkin dapat mengurangi bounce rate ya, mas...Ini barangkali yang sulit...hehehe..

    BalasHapus
  6. wah kalo yang beginian saya gak pernah perhatiin mas, bukannya sok cuek sie emang dasarnya aja saya mah kagak ngarti hehehe... terimakasih ya udah berbagi tips berikut penjelasannya :)

    BalasHapus
  7. wah setelah saya cek ternyata bounce rate saya gede banget mas, waduh gimana nih, harus mencoba tipsnya di atas nih.

    BalasHapus
  8. makasih infonya...terutama tentang bounce rate :)

    BalasHapus
  9. Kl di dunia nyata mungkin bs sambil kita suguhi kopi biar lama nongkrongnya... 8-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nih tak kasih kopi (c) biar makin lama nongkrong disini hehe :>)

      Hapus
  10. wah, makasih banget nih mas atas penjelasannya...
    jadi makin tau gua... :D

    BalasHapus
  11. semakin kecil nilai bounce rate semakin bagus ya gan..? pengen juga nih bounce rate nya kecil... :)

    BalasHapus
  12. sangat semputa tipsnya gan,,saya akan coba ahh,,
    hanya saja pada poin pertama tidak akan saya sertakan, internal link memang baik untuk optimasi SEO,tetapi karena banyaknya unsur mendapatkan keuntungan sepihak,membuat cara ini dianggap cara licik oleh google, sehingga akan dianggap spammer, berita yang saya dengar sich.hhehe..
    karena pada blog sudah tersedia popular pos dan related pos, jadi saya jarang sekali menggunakan cara itu, pendapatnya gimana sob.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya kembali pada mbak sendiri sih. Tapi kalau membangun link internal menurut saya sangat bagus untuk SEO, dan nantinya juga akan mendapat limpahan trafik yang lumayan. Beda lagi kalau link keluar. Itu yang tidak bagus mbak :) :>)

      Hapus
  13. saya langsung terapkan tipsnya sob, rate bounce blogg saya sangat mengecewakan
    thanks sob :))

    BalasHapus
  14. wah saya baru tahu nih soal bounce rate :)

    BalasHapus
  15. Bounce rate saya tinggi nih, saya ambil tipsnya untuk di praktekin.

    BalasHapus
  16. bouce rate saya masih tinggi hehe...

    BalasHapus
  17. thanks infonya gan . .
    super bermanfaat . .
    ditunggu kunjungan baliknya :) :)

    BalasHapus
  18. Wah saya malah nggak pernah ngecek bounce rate blog saya mas.. Emang apa pengaruhnya mas kalau bounce rate rendah atau tinggi.? Apa hanya untuk kita mengetahui seberapa bagus blog kita saja.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Seneng juga kan kalo blog semakin bagus dan ramai hehe

      Hapus
  19. ooo, jadi makin kecil makin bagus?? :-? kirain makin besar bounce rate nya makin bagus blog nya :-d

    BalasHapus
  20. Oalah baru tau thanks mas infonya mengenai bounce rate ini

    BalasHapus
  21. punya saya malah nambah gede kalau liat di google analytics tapi di alexa malah turun agak bagusan
    walau keduanya2 masih jauh dari bagus ;-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas. Pertama emang gitu. Ya namanya juga usaha. Lambat laun juga membaik :)
      Happy Blogging :)

      Hapus

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top