OBI Blogger - Selamat pagi sobat blogger. Pernahkah anda menjumpai URL blog anda dicekal di webmaster tool? Oleh karena itu saya ingin mengajak Anda kenapa terdaat URL yan dicekl disana. Sebelumnya saya yakin anda sudah mengenal apa itu webmaster tool. Yups, webmaster tool adalah sebuah alat yang dapat anda gunakan untuk mengecek dan merawat kesehatan blog anda. Dan postingan ini terinspirasi setelah saya membaca di sebuah blog yang menyindir tentang permasalahan ini. Anda pasti bingung dengan maksud kata "nyindir" yang barusan saa tulis. Jujur saya suka dengan artikel itu. Dalam postingan yang berjudul logika blogger tolol terdapat sebuah sindiran yang menurut saya itu adalah sebuah penjelasan yang cukup baik untuk anda simak. Atau katakanlah tulisan saya ini adalah lanjutan atau renkarnasi dari postingan tersebut. Jika anda melihat ada beberapa URL yang dicekal, maka yang pertama kali muncul dalam pikiran anda adalah bagaimana cara mengatasinya. Setelah itu kemungkinan anda mencari solusi di mbah google. Disana ada banyak blog yang menyediakan tutorial cara mengatasi URL yang dicekal robot.txt. Cara yang sering kita temui adalah mengedit susunan robot.txt. Biasanya adalah dengan menghapus kode /search dalam susunan robot.txt
Cara mengatasi URL yang dicekal webmaster tool
Image by: www.buuteeq.com
Lalu dimanakah letak kesalahan dalam cara ini? Jujur, untuk urusan seperti ini saya juga masih tahap belajar. Tapi setelah saya pikir dua kali tentang artikel yang pernah saya baca. Saya rasa ada benarnya juga. Maksudnya gimana? Jika di webmaster tool ada URL yang dicekal, bisa jadi itu adalah label. Bagaimanapun juga google tidak akan mengindeks label. Mungkin itulah alasan kenapa terdapat URL yang dicekal robot.txt
Tapi bagaimana jika yang dicekal berjumlah puluhan hingga ratusan URL? Seperti yang saya katakan diatas, karena saya juga masih belajar, maka jawaban saya adalah "wallahua'lam". Lha terus apakah OBI Blogger juga memiliki masalah demikian? Dan apakah Anda juga memperbaiki dengan mengedit susunan robot.txt? Untuk yang pertama, jawabanya adalah YA. Dari ketiga blog yang saya miliki, semuanya terjadi hal seperti ini. Sedangkan jawaban untuk pertanyaan kedua adalah, saya tidak melakukan pengeditan robot.txt, karena saya takut akan terjadi sesuatu pada blog ini.

Sekarang semuanya saya kembalikan kepada anda untuk bagaimana anda menyikapinya. Setidaknya dari sini kita mulai tahu apa yang terjadi pada pencekalan URL dalam webmaster tool. Salam sukses.
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

20 komentar:

  1. Gak Paham sob
    nyimak aja lah ya

    BalasHapus
  2. punya saya saya pasang robot.txt mskipun gak tau maknanya..hhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua blog kan udah otomatis punya robot.txt mas :D

      Hapus
  3. waduh kirain sudah nyobain edit robotnya gan :-).
    Saya juga gak pernah edit tuh. nanti tambah ilang di mesin pencarian lagi :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya takuti juga itu kalo ilang dari search engine [-(

      Hapus
  4. waduh, saya kurang begitu mudeng kalo urusan beginia...
    saya ikutan nyimak aja mas mudah-mudahan jadi ngerti nantinya :)

    BalasHapus
  5. Nyimak aja dech, Sob...masih dalam tahap belajar, he he!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kang. Saya juga masih belajar :)

      Hapus
  6. wah bagus mas artikel nya. mencerahkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih mbak rin sudah berkunjung :p

      Hapus
  7. saya pernah nyo ba gan pake robot txt alhamdulillah bisa ilang.. tapi proses ilangnya lama bisa 1-2 bulanan.. :) makanya sekarang kalo bikin blog baru langsung saya ubah robot txt nya sebelum dicekal duluan ama google.. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalo ngedit berarti kita nyuruh SE ngindeks label dong hehe :D

      Hapus
  8. url saya banyak banget tuh yang di cekal robot txt, ternyata harus menghapus bagian search nya yaa
    :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalau begitu apa sama saja nyuruh SE ngindeks label kita :D

      Hapus
  9. sering banget saya jumpai url yang di cekal ini di webmaster :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, mungkin itu adalah sebuah label :)

      Hapus
  10. bro , gw googling katanya disuruh hapus kode /search .
    sebelum gw hapus kode itu url yg dicekal munkgin cuma 10% lah dari total artikel , tetapi setelah gw hapus kode /search nya malah hampir 50% url ane dicekal ;((

    solusinya gmn ya ?? makasih
    http://go-trik.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya tidak pernah utak atik robot.txt. Menurut saya url yang dicekal itu adalah label. Bagaimanapun juga google tidak akan pernah ngindeks label. Itu aja sih menurut saya. Kalau jawaban saya kurang memuaskan bisa tanya master SEO untuk membantu masalah Anda. Yang jelas saya tidak mengubah-ubah robot.txt :)

      Hapus

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top