Cara cepat meningkatkan trafik blog - Sebagai seorang blogger kita pasti tahu seberapa pentingnya peran pengunjung dan pageview. Blog dengan jumlah pengunjung yang melimpah sudah jelas menjadi impian kita semua. Banyak blogger yang berharap blognya memiliki traffic yang tinggi. Namun pada kenyataanya mereka tidak mau berusaha dan hanya berangan belaka. Banyak juga diantara kita yang beranggapan bahwa mendapatkan lonjakan trafik yang tinggi dalam waktu singkat merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Namun jika kita kembalikan pada diri kita, itu semua bisa menjadi mungkin. Berbicara tentang trafik, ini juga sangat erat kaitanya dengan masalah SEO. Bagaimanapun juga peran SEO sangat penting untuk bersaing di mesin pencari.
Tips: Cara Cepat Meningkatkan Trafik Bog
Image by: http://indonesian4sharing.blogspo.com/
Tulisan ini juga saya ambil berdasarkan pengalaman saya. Blog ini saya dirikan pada bulan September 2013. Namun blog ini baru saya kelola pada bulan Desember 2013 hingga sekarang. Alhamdulilah, dalam waktu yang relatif singkat OBI Blogger sudah menunjukkan hasil yang lumayan. Trafik blog ini perlahan mulai meningkat. Mula-mula hanya berkisar 1.000/hari. Seminggu kemudian, trafik sudah meningkat menjadi 2.000 sampai 3.000/hari. Sampai pada akhirnya bisa mencapai batas minimal 5.000/hari. Sedangkan pada akhir bulan Februari 2014 saya gembira karena sudah mencapai angka 8.000 - 9.000/hari.



Dalam hal ini saya tidak berniat "menyombongkan" diri saya. Tetapi saya bermaksud ingin mendorong Anda agar lebih bersemangat dalam mengejar trafik. Jika Anda ingin berusaha untuk mengejar trafik, Anda bisa mengikuti beberapa poin dibawah ini. Agar lebih jelas silahkan simak tips meningkatkan trafik blog dengan cepat.

1. Buatlah artikel yang banyak dicari orang.
Artikel yang dicari orang sudah jelas akan mempengaruhi trafik Anda. Jika Anda belum tahu seperti apa saja artikel yang dicari banyak orang, Anda bisa membuat artikel tentang tips dan tutorial. Tapi perlu diingat. Jika Anda tidak mampu untuk menulis artikel seperti ini, saran saya lebih baik jangan ditulis. Karena jika Anda teruskan malah menjuru ke kegiatan copy paste. Alhasil bukan trafik yang datang. Tapi pinalty google yang menghampiri Anda.

2. Buat artikel yang menarik.
Artikel yang menarik jelas akan mengundang minat para pembaca. Menulis artikel yang menarik memang sulit untuk dilakukan. Tapi jangan khawatir. Meskipun kita belum terbiasa, kita bisa menggunakan judul yang menarik agar bisa memancing calon pengunjung untuk membaca tulisan kita. Untuk memberi judul yang menarik bisa Anda baca pada postingan Cara membuat judul yang unik dan menarik.

3. Bangun link yang mengarah ke artikel lain.
Setiap Anda membuat artikel, jangan lupa untuk menyisipkan link menuju ke artikel lain yang masih berkaitan atau relevan. Pengunjung akan membaca postingan itu jika dirasa ia membutuhkanya. Maka dari itu sematkanlah link artikel yang masih berhubungan. Usahakan link terus beruntun dan tidak putus. Selain itu cara ini juga bisa sebagai upaya mengurangi rasio bounce rate.

4. Atur kata kunci anda.
Kata kunci atau yang biasa kita sebut keyword merupakan bagian penentu menang atau kalahnya bersaing di search engine. Jika kita lihat dari optimasi SEO onpage, kata kunci merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu dalam menulis sebuah artikel sisipkanlah kata kunci yang berbeda pada bagian awal, tengah dan akhir paragraf. Serta jangan lupa untuk menebalkan atau memiringkan kata kunci agar menambah pentingnya kata kunci. Harap diingat. artikel yang terlalu banyak kata kunci sudah termasuk dalam kategori Black Hat.

5. Optimasi SEO.
Seperti yang saya katakan tadi bahwa SEO merupakan peran penting untuk bersaing didalam mesin pencari. Berhubung saya bukan master SEO. Saya sarankan Anda untuk belajar SEO pada ahlinya.

6. Blogwalking.
Blogwalking merupakan cara alami untuk mempromosikan blog Anda. Blogwalking juga akan mempererat hubungan antar sesama blogger. Selain itu Anda bisa menjadikan blogwalking sebagai upaya untuk menerapkan poin nomer satu diatas. Anda bisa melihat postingan apa saja yang populer pada blog teman Anda. Setelah itu Anda bisa menulis artikel yang serupa dengan-nya. Blogwalking juga salah satu cara untuk merampingkan ranking alexa dengan cepat.

7. Sediakan subscribe box.
Di dalam suatu blog, Anda harus menyediakan widget langganan artikel kepada pengunjung Anda. Jika pengunjung suka dengan konten Anda, maka ia akan berlangganan artikel blog Anda. Akhirnya Anda akan mendapat tambahan trafik.

8. Promosikan blog anda.
Setelah Anda siap dengan tujuh poin diatas. Jangan lupa untuk mempromosikan blog Anda ke berbagai sosial media. Modal awal mempromosikan blog adalah membagikan artikel yang menurut Anda paling bagus. Karena dengan membagikan artikel yang paling bagus maka pembaca akan tertarik dengan blog Anda.

Delapan poin diatas merupakan cara yang saya lakukan untuk memperoleh trafik. Intinya yang menjadi tenar atau tidaknya suatu blog, itu adalah isinya. Jadi secara garis besar blog terlihat bagus karena konten-nya. Mungkin inilah alasan kenapa poin 1 - 4 diatas saya tulis secara beruntun. Karena mengingat Konten adalah raja.

Jadi dalam melakukan sebuah tindakan tentu dibutuhkan usaha, tenaga dan juga do'a agar semua itu berjalan sesuai rencana. Selamat Mencoba.
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

35 komentar:

  1. untukk optimasi seo saya masih kurang ngerti bang mohon share lebih lanjut ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyallah kalau saya bisa hehe :P

      Hapus
  2. Mantab mas Robih, 8 langkah yang jitu...semoga bisa mengejar traffic blognya mas Robih ni :)

    BalasHapus
  3. point nomer lima masih dalam tahap belajar mas..hhe

    BalasHapus
  4. wuuuiiih,,,,,, tinggi mas,,,,,
    saya harus banyak belajar ni :)

    BalasHapus
  5. wuih dahsyat bener tuh trafiknya, saya mah pengen dapet 1000/hari aja susah banget mas, apa lagi kalo sayanya lagi sibuk (jarang blogwalking) udah bisa dipastikan trafiknya juga turun drastis :-?

    BalasHapus
  6. Tinggi mas trafficnya, saya masih kalah jauh. Makasih tipsnya mas .. barangkali yang ke-9 itu berdoa ya mas .. :)

    BalasHapus
  7. wuiih saran yang bagus gan. ya yang penting ngeblog buat berbagi kan, kayak yang ente lakuin berbagi cara ningkatin trafik blog hehe
    saya juga lagi belajar bagaimana cara mengoptimalkan SEO, tanpa pengunjung blog kan gak berarti apa hehe :-d

    nice share :D

    BalasHapus
  8. terima kasih banyak tips dan motivasinya sob, cocok banget nih buat saya yang masih pemula :))

    BalasHapus
  9. wow keren, blognya bisa sampe 8k/day

    BalasHapus
  10. wahhh keren gan blognya visitornya gede. Pst semangat update blognya.. Kunjungan perdana gan,sekalian blogwalking.. Salam kenal gan.. Salam sukses...

    BalasHapus
  11. Artikel yg penting. Selain poin no. 8 ttg SEO, semuanya bisa dilakukan bahkan oleh yg masih nyubi sekalipun! :>)

    BalasHapus
  12. Baca baca dulu deh...... hehehe

    sangat bermanfaat sob

    BalasHapus
  13. Wow hebat sekali ya trafiknya :)
    Dahulu trafik saya masih kecil sekali :'(
    Tapi alhamdulilah sekarang sudah 4.500/HARI (Stabil hehe) sampai 7.000/hari.

    Kebetulan dengan trafik segitu saya bisa meraup uang 300 s/d 900rb (per bulan).

    BalasHapus
  14. ilmu penting ni untuk saya terapkan di blog.
    trafik saya sendiri belum nyampai ribuan perhari, keren bangte nih (h)

    BalasHapus
  15. wahh,, banyak pengunjungnya mas.. boleh dicoba nih.. biar banyak jga

    BalasHapus
  16. selamat ya sob :) saya sendiri kurang dalam optimasi hehehe g tau knp dah malas sekali utak atik sih

    BalasHapus
  17. 8 ribu /hari -__- luar biasa aku aja dapet trafik 300 / sehari aja udah bersyukur bgt :3

    BalasHapus
  18. lumayan banyak ya gan page views nya.. pasti banyak yang suka sam artikel di obi blogger.. :)

    BalasHapus
  19. wah mantap nih mas tipsnya, jadi ngiri nih trafiknya bisa banyak banget, saya mau coba tipsnya mas mudah-mudahan bisa tambah banyak pv nya :)

    BalasHapus
  20. hanya dalam jangka enam bulan saja, dapat trafic yang pantastik itu*salut

    BalasHapus
  21. makasih gan... ilmu nya sudah di sharing.. sangat bermanfaat buat ane, yang blog nya sepi :D

    BalasHapus
  22. Keren, terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat untuk dilakukan :)

    BalasHapus
  23. boleh dicoba nih sob buat ningkatin trafik blog saya

    BalasHapus
  24. boleh dicoba nih sob buat ningkatin trafik blog saya

    BalasHapus
  25. butuh proses ya mas agar blog bisa rame pengunjung :)

    BalasHapus
  26. Hebat. Salut sama si penulis.

    BalasHapus
  27. super sekali pvnya, ikutan belajar mas biar dpt pv sebesar itu

    BalasHapus
  28. nice info, ajarin aku donk :)

    BalasHapus
  29. keren gan. saya udah sebulan membangun blog, belum keliatan apa apa trafiknya.. mungkin kurang usaha.. hehe, siap dah saya jalankan tipsnya..

    BalasHapus
  30. untuk menghasilkan content yag menarik membutuhkan waktu.. terima kasih sharing tips ini untuk saya cuba praktikkan..

    BalasHapus

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top