Postingan ini masih dalam rangka memperingati OBI Blogger yang terkena hukuman dari om google. Selama blog ini terjerat penalty google, saya masih terus berusaha bagaimana caranya agar bisa secepatnya keluar dari hukuman ini. Masalah seperti ini memang tidak bisa dipastikan kapan selesainya. Segala upaya sudah saya lakukan dengan harapan bisa bebas secepatnya. Namun, ternyata itu semua masih sulit untuk dapat mengatasi masalah ini. Saya terus mencari artikel di Internet mengenai solusi untuk masalah ini. Namun hampir semua isi artikel yang saya temukan memiliki poin yang sama. Hanya saja disajikan dalam bentuk yang berbeda.
Image by: http://seomastering.com/
Tak sampai disitu. Saya terus mencari tahu penyebab mengapa blog saya terkena penalty google. Tempo hari saya pernah bilang bahwa kemungkinan blog saya terperosok kedalam penalty google gara-gara penempatan kata kunci yang terlihat tidak natural. Tapi, pernyataan itu justru malah membuat saya semakin bingung. Kenapa? Pada saat saya surfing di Internet untuk mencari artikel bagaimana cara keluar dari penalty google, saya seringkali menjumpai artikel dengan kata kunci yang padat dan diulang. Kenapa blog mereka aman? Untuk memastikan jawabanya, saya mencoba menganalisa apa saja yang saya lakukan saat blogging. Dan apa kira-kira yang menyebabkan blog saya jatuh dalam keterpurukan. Dan inilah hipotesa saya.

1. Aktifitas twitter.
Hampir setiap selesai menulis artikel, saya selalu membuka akun twitter. Mengapa? Pertama, untuk komunikasi dengan teman saya. Kedua, untuk mempromosikan link artikel yang baru jadi. Kesalahan saya mungkin terletak pada saat saya membagikan link artikel saya. Jika Anda amati, hampir setiap hari saya menulis artikel baru. Dan hampir setiap hari saya juga selalu mempromosikan artikel ke twitter. Mempromosikan link saya rasa akan lebih aman jika saya menggunakan shorten link. Tapi apa boleh buat. Hari-hari biasa saya tak punya waktu banyak untuk bermain didepan komputer. Mungkin gara-gara ini blog saya di cap sebagai blog spam oleh google.

2. Fanspage Facebook.
Masih sama kaitanya dengan poin nomer satu. Blog ini sengaja saya buatkan halaman/fanspage agar para pembaca bisa mendapatkan artikel terbaru dari facebook. Tapi, kenyataan berkata lain. Bukanya menguntungkan, malah berbalik menjadi keterpurukan.

3. Backlink misterius.
Sejauh ini saya memang kurang tertarik mencari backlink. Jika ditanya, backlink memang diperlukan untuk mendongkrak posisi di SERP. Saya heran, kenapa saya dapat puluhan backlink yang bersumber dari satu blog yang sama. Hal ini baru saya sadari setelah saya cek di google webmaster tool. Disana ada blog yang memberikan puluhan backlink kepada saya. Tanpa pikir panjang, saya langsung mengunjungi blog pemberi backlink. Ternyata blog pemberi backlink merupakan blog lama yang tak terurus. Bahkan hampir semua link postingan yang mengarah ke blog saya berupa broken link.

Dari pengalaman ini, setidaknya saya bisa berbagi kepada sobat blogger agar tak ikut terjun kedalam penalty google. Kesimpulanya adalah bahwa google tidak suka dengan tindakan spam. Saya harap dengan pengalaman pahit ini kita bisa lebih behati-hati dan fokus untuk aktivitas blogging.
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

46 komentar:

  1. "penempatan kata kunci yang terlihat tidak natural" dan "saya seringkali menjumpai artikel dengan kata kunci yang padat dan diulang" bisa di jelasin maksud dari kalimat itu mas. Jadi takut nih kena pinalti google

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih seperti ini mas.
      1. Penempatan kata kunci yang terlihat tidak natural.
      Dalam menulis sebuah artikel, ia hanya terfokus pada kata kunci, bukan pada isi. Sehigga aka sulit diresapi oleh manusia, karena semata-mata menulis hanya ingin mendapat posisi yang baik di mesin pencari..

      2. Kata kunci diulang (keyword stuffing)
      Hampir sama dengan nomer satu tadi. Sebuah artikel memuat lebih banyak kata kunci dari pada isi. Sedangkan kata kunci yang diulang itu maksudnya ia selalu mengulang-ngulang kata kunci dalam menulis sebuah artikel.

      Kalau mas pengen aman dari penalty google, buat artikel yang wajar dan jangan meakukan spamming..

      Hapus
  2. sangat berbahaya sekali kalau sampai terkena penalty dari google ya mas semoga masalahnya cepat terselesaikan dengan cepat .tetap bersemangat ya mas .

    BalasHapus
  3. hmm..gak boleh ya share ke twiteer dan Fb, mana saya sering melakukannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukanya gak boleh. Boleh-boleh aja asal wajar dan gak berlebihan.. Kalau bisa pake shorten URL

      Hapus
  4. kalau cuma share link di fb dan twitter menurut saya tidak berpengaruh, entahlah, semoga ada senior yang bisa memberikan pencerahan di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya berpengaruh mas. Saya rasa google akan mengecap blog kita sebagai blog spam. Kalau boleh bilang, sudah dua blog saya yang senasib dengan blog ini. Keduanya saya promosika link di twitter dan fasnpage facebook. Kurang lebih keduanya telah ambruk seperti saat ini.

      Hapus
  5. waduh pont 1 dan dua padahal bank visitor tapi malah jadi penyebab penalthy ngeri ngeri. kalau backlink ghaib seperti itu nggak bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cuma hipotesa saja mas. Untuk benar atau tidaknya saya belum bisa bilang secara pasti. Tapi ini dari pengalama saya, sudah dua blog saya yang berakhir seperti ini.. Semoga ada masah yang menjelaskanya.

      Hapus
  6. klo ane gara suka ganti tamplate artikel yang udah keindex google jadi ilang smua gan

    BalasHapus
  7. Aduh..jd ngerii ya mas..berarti ga boleh kt share ke facebook yah:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukanya gak boleh. Itu hanya hipotesa saya saja. Tapi kalau dipikir-pikir, share link secara terus menerus apa bukan tindakan spam? Nah itu maksud saya..

      Hapus
  8. Kemaren saya liat di video nya Google Webmaster. Mereka bilang kalo merasa terkena "penalty", sebaiknya email ke mereka. Mereka yang akan memberi tau dan membantu untuk memperbaiki situs.

    Jadi sebaiknya hubungi mereka Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum kepikiran mas. Saya masih coba cara lain dulu. Nanti kalau buntu baru maju hehe.. Makasih masukanya mas (o)

      Hapus
  9. Backlink misterius ni,,,,,,
    Lama g k urus blognya ,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan. Maksudku backlink misterius tuh ada ratusan backlink yang mengarah ke blog saya. Padahal, saya tidak merasa mencari backlink dari situ. Nah, blog yang ngasih backlink adalah blog lama yang tak terurus..

      Hapus
  10. padahal cara sob.. ini lumayan jitu... apa mungkin mbh gugu...puyeng kali ya..trlalu byk permintaan... :))

    BalasHapus
  11. sebab yang ketiga itu memang misteri.. tentu orang itu juga spammer ya? semoga permasalahan ini segera selesai..

    BalasHapus
  12. Semoga masalahnya cepat selesai mas
    untuk poin 2 saya sering lakukan
    gimana ya

    BalasHapus
  13. untung saya shorten link nya pake goo.gl :D

    BalasHapus
  14. Wah padahal saya selalu share setelah posting loh mas. G+ FB TWEET Selalu jadi tempat pertama saat saya share. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dulu saya juga begitu :-d

      Hapus
  15. wah gtu ya hati2 klu gtu biar g kbanet

    visit back ya sob klu ad wktu

    BalasHapus
  16. berarti judul dan isi harus nyambung ya mas gk boleh nipu biar gk kenak semprit.. jad takut saya mau OOT lagi . hehe mksi sharenya mas :)

    BalasHapus
  17. baru tau saya bisa kaya gitu, jadi pelajaran aja deh :)
    main juga ya ke blog probadi ane :)

    www.irvanrobiansyah.com

    BalasHapus
  18. wah jahat banget yang ngasi back link misteriusnya ya gan... perlu di perhatikan juga kayanya.. soalnya traffic blog ku jg lagi turun..

    BalasHapus
  19. wah bahaya juga yah share ke sos med menggunakan shorten link makasih sharingnya mas harus lebih berhati-hati lagi nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoo... Ketauan kalau gak baca. Mungkin mas Eka bacanya sekilas. Kan udah saya tulis kalau lebih aman pakai shorten link.

      Hapus
  20. Saya rasa point ke 1 dan 2 yang di jelaskan mas OBI diatas tidak sependapat dengan saya... Kenapa?? karena 2 point tersebut merupakan hal yang biasa para blogger lakukan dan itu merupakan hal yang wajar. Kalaupun blog sobat terkena penalty google, itu mungkin karena ada hal lain yg memang menurut google menganggap blog sobat adalah blog SPAM. (itu pendapat saya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata postingan ini jadi pro dan kontra. Memang bener itu sumber trafik yang dilakukan para blogger. Tapi dari kedua bog yang saya punya. Saya selalu share link ke facebook dan twitter. Keduanya juga ambruk seperti ini Lagian kan sudah saya tulis kalau ini merupakan hipotesis saya. Tidak 100% benar dan tidak 100% salah. Thanks mas Irfandy. DIskusi yang menarik..

      Hapus
  21. wah serem juga ya mas kalau sering promosi di facebook dan twitter. Harus hati-hati berarti ya

    BalasHapus
  22. Hi hi. PErasaan ini kunjungan saya yang pertama ya di sini Hiehiehiehiee. Oh ya mempromosikan artikel yang di BUZZ atau di PUBLISH lewat Twitter nyaris setiap hari saya lakukan,. Dan selama aktifitas BUZZ atau publish via Twitter itulah saya selalu menggunakan SHORTEN LINK. Jadi tidak asal copy paste alamat URL landing pagenya. Tidak nya saya tidak tau loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Saya rasa kalau pakai shorten link aman-aman aja. Soalnya kalau copy paste URL postinganya bisa saja dianggep google blog spam. Mungkin ini hal kecil yang terlewatkan.. Sama seperti saya. Hampir setiap hari saya publish artikel ke twitter.. Dan yang terakhir, makasih kunjunganya.

      Hapus
  23. betul kualitas backlink juga harus diperhatikan, makasih mas atas pengalamannya.

    BalasHapus
  24. Dilihat dari traffic blog yang menurun, Kayaknya aku juga mengalami hal yang sama, Sob, he he...thanks atas sharednya, bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran!

    BalasHapus
  25. mksih gan atas infonya, ane jadi tkut terkena penalty dari google [-(

    BalasHapus
  26. kalau blog kita terkena penalty apakah dapat pemberitahuan dari google mas :-?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak dapet mas. Satu-satunya yang paling mencolok ya trafik turun drastis..

      Hapus
  27. Wah ternyata ada penalty jga ya di google dan blogger, saya kira hanya di dunia olahraga saja... :D. .Eh masbro, dampak dari penalty google itu apa aja ya? terus apakah ada pemberitahuan dari pihak google atau blogger gak? Oh iya, saya do'akan blog masbro ini bisa cepat selesai masalahnya.. dan satu lagi, masbro dinantikan kunjungannya di blog saya : http://clever-society.blogspot.com. . makasih infonya... :)

    BalasHapus
  28. Ngerih sama hukuman google dan backlink misterius..

    BalasHapus
  29. Sangat membantu dan bermanfaat nihh artikelnya.. Saya jadi bisa berhati-hati agar blog saya yang baru saja naik daun agar tidak kena rantai Google.. XD Salam Kenal.. Salam My Stupid Theory! :D

    BalasHapus

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top