Penjara Google
Image by: http://1stopmarketingsolutions.com/
Awal maret 2014 merupakan awal bulan yang sial bagi saya. OBI Blogger terkena penalty dari google. Entah apa yang menyebabkan blog ini terkena pienalty. Saya sempat kaget waktu login ke blog ini. Biasanya pageview perharinya lumayan. Saya bingung kenapa trafik tiba-tiba merosot begitu saja. Saya rasa google telah melakukan update terhadap blog yang dicurigai sebagai spam atau semacamnya. Sebenarnya bukan hanya saya yang merasakan hukuman google di bulan maret ini. Sebelumnya saya juga sudah mendengar laporan-laporan blog lain yang mengalami masalah yang sama dengan saya. Entah google sandbox, panda atau google dance yang menyerang blog ini. Yang jelas saya sangat sedih melihat trafik yang merosot secara drastis. Tempo hari saya juga mendapati blog ini menjadi korban autoblog. Dan sekarang, masalah baru yang datang menghampiri. Lengkap sudah rasanya. Sudah jatuh tertimpa tangga.
Merasakan Hukuman Google
Jika dipikir dua kali, mungkin yang menyebabkan blog ini masuk ke dalam perangkap google adalah susunan kata kunci yang saya pasang lebih mengarah ke keyword stuffing. Sebelumnya saya juga merasa khawatir dengan penanaman kata kunci yang saya lakukan akhir-akhir ini. Meskipun hanya 3 bah kata kunci yang saya tanamkan disetiap artikel, namun penempatan yang tidak tepat sehingga isi konten terlihat tidak natural dan sekilas semata-mata untuk memanipulasi mesin pencari. Padahal saya sudah berusaha untuk tidak mencoba teknik Black Hat yang dapat merugikan seperti saat ini. Memang menjadi blogger pemula yang masih belajar SEO perlu bantuan dan pengetahuan dari master SEO agar blog tetap sehat dan aman.

Kasus seperti ini sudah sangat sering terjadi pada blogger lain. Bahkan berbarengan dengan masalah ini ada juga blog yang sampai dihapus oleh pihak google. Tepatnya blog milik mas Valentino Febrian. Saya tahu bagaimana rasanya kehilangan blog yang kita kelola sedemikian lamanya. Jangankan kehilangan blog, kehilangan trafik saja sudah sedih tingkat kabupaten.

Untuk saat ini saya masih terus berusaha bagaimana cara keluar dari hukuman google. Saya juga telah men-submit sitemap ulang di google webmaster tool. Selain itu saya juga melakukan pengeditan ulang pada semua postingan yang dicurigai sebagai artikel spam. Saya berharap pihak google secepatnya mengeluarkan blog ini dari perangkapnya. Sehingga blog ini bisa berjalan normal tanpa ada masalah.

Saya ingatkan kepada teman-teman blogger agar tidak melakukan penanaman kata kunci yang terlihat tidak natural. Jika saat ini artikel Anda terdapat banyak penumpukan kata kunci, segera lakukan pengeditan sebelum semuanya terlambat. Terimakasih kepada Bang Azmi dan teman-teman blogger yang telah memberikan masukan kepada saya. Doa kan cepat sembuh ya :)
OBI (Author)
About The Author:

OBI, Author di blog absurd: www.biobii.com. Ikuti:

38 komentar:

  1. sabar saja saya juga dulu pernah merasakan hal seperti ini mas mungkin nanti akan kembali seperti semula :) tetap semangat mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak supportnya :) ;-(

      Hapus
    2. Yups.. sabar ja mas... pasti akan balik seperti semula lagi...

      Hapus
    3. Terimakasih mbak dukunganya :)

      Hapus
    4. masalahnay hampir sama seperti saya mas saat ini sedang turun juga .. :(

      Hapus
  2. semoga cepet teratasi,...semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin :D
      Thanks atas dukunganya :)

      Hapus
  3. Ini pembelajaran berharga mas. Badai penalty mbah google pasti berlalu jika kita berusaha untuk bangkit dengan membenahi blog kembali....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Semoga cepat pulih. Ini saya juga membenahi ulang agar bisa normal kembali.
      Terimakasih atas supportnya :)

      Hapus
  4. amin amin semangat mas saya doakan cepat kembali normal ya

    BalasHapus
  5. Sama seperti yang sedang saya alami gan... traffic blog saya juga sedang mengalami trurn drastis.. sedih sek provinsi kalau saya gan.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana ya biar cepet normal seperti biasa? :'(

      Hapus
  6. blog saya view nya masih kecil, 500 aja udah uyuhan ;((

    BalasHapus
  7. waduh kena pinalty aja penayangannya udah banyak banget ya,
    semoga cepat kembali seperti semula sob :)

    BalasHapus
  8. dulu saya pernah begitu juga
    gak tau kenapa artikel gak bisa ke index lagi, ya udah dihapus semua dan buat ulang

    BalasHapus
  9. Wah traffic nya turun banyak ... ini karena penalty Google kah?
    kalau traffic di Analytics berubah nggak?

    BalasHapus
  10. banyak turun traffic akibat penalty google ya.. semoga kembali pulih blognya..

    BalasHapus
  11. Sabar saja ya gan.. sy juga dulu perna mengalami hal yang serupa.

    BalasHapus
  12. coba ya mas cek dulu OpenID di setingan bloger.com apakah ada situs yang dapat melihat url mas selain blogger.com?, kalo gak salah ya mas.. mas buat artikel terbaru lalu tautkan link artikel yang terindikasi spam di artikel terbaru, jangan kebanyakan ya mas. lalu berikan backlink di artikel terbaru. tunggu saja karena membutuhkan waktu yang memang agak lama. tapi kalau ini terus dilakukan mungkin bisa kembali normal. saya juga mengganti template dan mengirim ulang site map. intinya jangan patah semangat, karena saya juga pernah mengalaminya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas penjelasanya. saya cuma bisa berharap agar bisa keluar secepat mungkin.

      Hapus
  13. hanya doa mas yg bisa sy sampaikan, tetap semangat dan cepat teratasi masalah ini, aamiin

    BalasHapus
  14. Semoga blognya bisa kembali normal Kang. Semangat terus ya

    BalasHapus
  15. pemadatan kata kunci sering terjadi pada judul post,sehingga melebihi kapasitas syarat google keyword, terlebih jika banyaknya internal link pada sebuah artikel, itu adalah tindakan spammer oleh google, gunakan selalu kode alt;strongagt;keywordalt;/strongagt; agar kata yang berada disekeling link ikut terbaca, jadi tidak perlu banyak kata kunci pada judul post, dan usahakan minimal 160 karakter termasuk spasi agar terhindar deteksi spammer keyword 1.2%
    mungkin ini sering terabaikan oleh kita sesama blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak itu yang sering kita llaikan. Padahal keyword itu sangat rawan :(

      Hapus
  16. Semoga cepat normal kembali sob.

    BalasHapus
  17. wah sabar y gan.. trutin aj ap kta si mbah mudh2n cpat pulih dan tetap semangat :-)

    BalasHapus
  18. wah serem juga ya mas traffic nya turun drastis :) hmmm

    BalasHapus
  19. semoga lekas teratasi dan bisa menjadi lebih baik lagi mas, semagat dan terus semgat saya kan selalu medukung mu sobat

    BalasHapus
  20. Semuanya : Terimakasih atas dukunganya :) Semoga cepet pulih lagi

    BalasHapus
  21. makin sadis aja ya mas mbah gugel ini ;)

    BalasHapus
  22. Ya memang black hat alias cara curang enggak bisa dibenarkan.

    Semoga mas bisa mengambil pelajaran dari kesalahan ini. ^.^

    BalasHapus
  23. Semoga bisa kembali pulih Mas. Hanya bisa bantu doa.

    Salam

    BalasHapus
  24. Gila lihat traficnya, banyak banyak yang ngunjungi...mudah2an cepat pulih ya

    BalasHapus

Tulis komentar anda.
1. Berkomentarlah sesuai tema artikel diatas.
2. Dilarang spam, jualan atau promosi.
3. Gunakan bahasa yang sopan.
4. Tolong untuk tidak menyematkan link aktif.
5. Centang "Beri tahu saya" agar anda tahu balasan dari kami.

Terimakasih sudah berkunjung :>) :p

 
Top